Dekorasi

Yuk Intip Berbagai Produk dari GRC Ini!

Berbagai Produk dari GRC

GRC atau Glassfiber Reinforced Concrete adalah salah satu jenis material yang sering dipakai untuk bangunan dan hunian modern saat ini. Bahan utama pembentuk material ini adalah semen dan serat kaca yang diproses dan biasanya dibentuk menjadi seperti papan. Serat kaca yang dipakai biasanya adalah yang memiliki daya tahan tinggi dan juga tahan terhadap alkali.

Tampilan fisik dari GRC kurang lebih cukup menyerupai beton. Tidak hanya itu, material GRC juga memiliki daya tahan yang sebanding dengan beton. Namun, GRC memiliki keunggulan tersendiri karena memiliki bobot yang ringan. Hal itu membuat GRC lebih mudah untuk diaplikasikan dan bisa menghemat waktu pemasangan.

GRC cocok digunakan untuk bangunan dengan berbagai macam jenis arsitektur, baik itu bergaya klasik ataupun kontemporer. Anda tidak perlu meragukan tingkat keamanan material yang satu ini, karena GRC merupakan bahan yang tahan api dan tahan air. Selain itu, GRC juga bisa berperan sebagai insulasi suara dan panas yang baik.

Ini Dia 5 Produk yang Bisa Dibuat Dari Bahan GRC

GRC pertama kali ditemukan pada sekitar tahun 1960-an. Pada masa itu, umumnya bahan GRC digunakan sebagai pelapis eksterior rumah. Namun kini seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi, GRC bisa disulap menjadi berbagai produk seperti plafon sampai partisi GRC. Berikut ini adalah beberapa produk yang terbuat dari bahan GRC :

1. Plafon

Berbagai Produk dari GRC

Plafon merupakan salah satu bagian dari bangunan yang rentan rusak. Salah satu penyebab kerusakannya adalah cuaca yang ekstrem. Jika terjadi hujan lebat dan atap rumah bocor, maka air hujan akan menetes ke permukaan plafon. Jika dibiarkan, tetesan air itu bisa merusak plafon rumah Anda. Namun jika menggunakan plafon berbahan GRC, Anda tidak perlu khawatir karena material ini sudah teruji tahan terhadap air.

2. Lantai

Berbagai Produk dari GRC

Tidak hanya untuk plafon, GRC juga sangat cocok dijadikan material lantai. Karena material ini sanggup menahan beban berat dan juga tahan terhadap benturan. Dengan hal ini, lantai rumah pun bisa lebih tahan lama. Sekalipun terjadi kerusakan, Anda hanya perlu mengganti satu papan yang rusak itu saja. Sehingga dengan begitu bisa lebih menghemat biaya pengeluaran.

3. Partisi

Berbagai Produk dari GRC

Partisi atau pembatas ruangan pasti sering Anda temui, khususnya pada rumah-rumah bergaya minimalis. Penggunaan partisi memang sangat efektif untuk bangunan yang memiliki keterbatasan ruang. Dengan partisi, Anda bisa dengan mudah membagi sebuah area bangunan ke dalam beberapa bagian. Karena sifatnya yang kokoh, maka GRC sangat ideal untuk dijadikan partisi. Selain itu, partisi GRC juga hadir dalam berbagai bentuk dan motif yang menarik untuk memperindah ruangan Anda.

4. Ornamen Indoor dan Outdoor

Berbagai Produk dari GRC

Ornamen sering kali digunakan untuk menambah nilai estetis sebuah bangunan, baik itu untuk bagian indoor ataupun outdoor. Siapa sangka, ternyata GRC bisa diubah menjadi ornamen cantik yang bisa menambah keindahan bangunan. Umumnya ornamen GRC ini bisa Anda temui di interior masjid. Tidak hanya untuk interior, karena ketahanannya yang tinggi GRC juga cocok untuk dijadikan ornamen eksterior bangunan.

5. Kubah

Berbagai Produk dari GRC

GRC menjadi salah satu material yang sangat popular untuk dijadikan kubah. GRC dianggap lebih awet dan juga ringan, sehingga bisa mempermudah proses pemasangan kubah. Selain itu, kubah GRC juga memiliki bentuk yang lebih presisi karena menggunakan proses cetak dalam pembuatannya. Jika dibandingkan dengan kubah beton, harga GRC jauh lebih murah. Sehingga, sisa biaya pembangunan bisa Anda alokasikan untuk membeli ornamen ataupun bagian bangunan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *