Dekorasi

Ingin Beli Pintu Kamar Mandi yang Tahan Lama? Pertimbangkan 5 Faktor Ini

Pertimbangkan Pintu Kamar Mandi Tahan Lama

Pintu adalah bagian yang sangat penting dalam sebuah ruangan khususnya kamar mandi. Walaupun ada beberapa kamar mandi terbuka, tapi pada dasarnya kamar mandi dalam sebuah hunian wajib memiliki pintu. Karena ruang kamar mandi yang sarat akan kelembaban maka pintu yang dipilih pun harus kuat dan juga tahan lama. Seperti pintu UPVC kamar mandi yang akhir-akhir ini naik daun dan lebih banyak digunakan.

Sebenarnya masih banyak material untuk pintu kamar mandi lainnya yang bisa menjadi acuan. Hanya saja seringkali pemilik rumah salah memilih pintu dengan material yang tepat. Efek yang akan didapatkan tentu sangat fatal yaitu pintu akan cepat rusak. Padahal Anda mungkin baru menggunakannya beberapa bulan saja. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih pintu kamar mandi terbaik sesuai dengan bahannya.

5 Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Pintu Kamar Mandi

Pertimbangkan Pintu Kamar Mandi Tahan Lama

Anda mungkin tertarik pada pintu UPVC kamar mandi karena desainnya yang menarik. Tapi memilih pintu untuk kamar mandi bukan soal desain saja. Model, desain atau warna bisa menjadi faktor kesekian, karena masih banyak faktor lainnya yang harus dipertimbangkan.

Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan pintu yang bertahan lebih lama, maka perhatikan beberapa faktor berikut ini sebelum membeli.

  • Ketahanan terhadap air

Pertimbangkan Pintu Kamar Mandi Tahan Lama

Faktor pertama yang sudah sangat umum harus diketahui adalah ketahanan pintu terhadap air. Ketika digunakan, pintu akan sering terkena air jadi jika material tersebut menyerap air sebaiknya jangan dibeli. Beberapa material pintu yang menyerap air adalah kayu, bambu, rotan dan semua jenis serat alam. Material ini memiliki pori yang bahkan akan menyerap kelembaban sekalipun. Pilih pintu yang terbuat dari material tidak berpori seperti plastik atau besi.

  • Ketahanan terhadap jamur

Jamur adalah masalah kedua yang ditimbulkan setelah air meresap ke dalam material pintu. Ada masalah yang nantinya ditimbulkan oleh jamur. Pertama adalah ruang kamar mandi akan menjadi lebih lembab dan berbau, jadi tidak akan sehat untuk digunakan. Kedua adalah tampilan kamar mandi akan menjadi kotor karena selain jamur juga akan tumbuh lumut. Ketiga adalah pintu tidak akan bertahan lama setelah jamur muncul karena akan merusak material itu sendiri. Anda bisa memilih pintu UPVC kamar mandi yang tahan terhadap kerusakan jamur ini.

  • Ketahanan terhadap karat

Jika Anda memutuskan untuk tidak membeli pintu dari bahan kayu atau serat alam lainnya, mungkin Anda berpikiran untuk membeli pintu dari bahan besi. Hal ini boleh-boleh saja tapi juga perhatikan bahwa kelemahan pintu dari besi adalah karat. Karat muncul karena kelembaban udara dalam ruangan serta sering terkena air. Sebaiknya pilih jenis besi yang tahan terhadap karat seperti aluminium. Pastikan juga pintu dari besi sudah dilapisi dengan cat anti karat yang mengandung zincalume.

  • Kekokohannya

Bagaimana dengan kekokohan material tersebut? Setiap bahan memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Ketebalan ini juga akan menentukan kokoh tidaknya pintu. Ingat, bahwa pintu kamar mandi akan lebih sering digunakan, jadi kerusakan dari pintu yang tidak kokoh bisa kapan saja terjadi. Walaupun kokoh sebaiknya pilih juga pintu yang tidak terlalu berat agar lebih mudah menggunakannya.

  • Harga

Terakhir adalah soal harga, Anda tentunya harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Soal harga ini, pintu UPVC kamar mandi adalah yang memiliki harga dengan kualitas yang tepat. Tidak terlalu mahal tetapi juga tidak terlalu murah seperti aluminium. Namun ketahanannya terhadap jamur, rayap, bahkan karat pun bisa dipercaya. Namun jika Anda ingin pintu yang kokoh dengan harga murah, bisa mempertimbangkan pintu aluminium.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *