Dekorasi

Menentukan Gorden yang Cocok untuk Berbagai Tipe Jendela di Rumahmu

Menentukan Gorden untuk Tipe Jendela di Rumah

Memilih gorden untuk rumahmu mungkin terdengar sepele, tapi sebenarnya gorden memberikan aspek penting dalam hal keindahan sebuah ruangan. Kamu tidak disarankan untuk asal pilih gorden ya. Ada baiknya jika terlebih dulu kamu mempertimbangkan berbagai hal sebelum memilih gorden yang ingin kamu pasang. Jika kamu ingin menggunakan roller blind saja untuk jendela di kamarmu misalnya. Kamu juga harus pertimbangkan tipe blind jenis roller seperti apa yang cocok dengan jendela kamarmu dan apakah pilihanmu match dengan desain ruangannya. Sama halnya pula dengan gorden. Sering kali kita menemukan jendela yang dipasangi gorden yang kurang sesuai dengan tipe jendelanya.

Tipe Jendela Perlu Dijadikan Pertimbangan Pertama

Sebelum memilih gorden, hal yang paling pertama harus kamu jadikan pertimbangan adalah tipe jendelanya. Mengenai kesesuaian dengan dekorasi ruangan dan hal lainnya akan menyusul selanjutnya. Bagaimanapun tipe dari jendelanya akan sangat berpengaruh pada pemilihan gorden atau roller blind-nya. Adapun tipe-tipe jendela berikut ini akan dijelaskan beserta rekomendasi gordennya yang sesuai.

1. Awning and Hooper Windows

Menentukan Gorden untuk Tipe Jendela di Rumah

Awning Windows memiliki engsel di sepanjang sisi atasnya, sedangkan engsel Hooper Windows berada di sisi bawahnya. Keduanya sama-sama terbuka mengarah keluar bedanya hanya mengarah kebawah atau keatas. Tapi dari segi keamanan dan kenyamanan, Awning Windows lebih unggul karena jendela tipe ini terbuka mengarah kebawah sehingga dapat melindungi ruangan saat hujan. Tipe jendela ini biasa difungsikan juga sebagai ventilasi rumah. Untuk tipe gorden yang sesuai adalah gorden Valances. Desainnya cantik dan bentuk kainnya bergelombang. Kamu bisa menikmati tiupan angin sepoi-sepoi di malam hari dengan tetap menutup gordennya.

2. Bay and Bow Windows

Menentukan Gorden untuk Tipe Jendela di Rumah

Jendela tipe Bay and Bow Windows pada dasarnya mirip, keduanya menjorok keluar. Jendela Bay and Bow biasanya dibentuk secara kotak atau melengkung sehingga menghasilkan space di dalam ruangan yang biasa dimanfaatkan untuk duduk dan bersantai. Tipe jendela ini dulu sering ditemukan di rumah-rumah bergaya klasik Eropa. Tipe gorden yang cocok adalah gorden Cascades. Gorden jendela ini menjuntai di kedua sisi jendela. Cascades memiliki sisi yang sama panjang dan ditengahnya adalah bagian swag yang biasanya berbentuk setengah lingkaran dan bergelombang. Kamu juga bisa menggunakan tirai roller jika ingin mengurangi pencahayaan di ruangan.

3. Casement Windows

Menentukan Gorden untuk Tipe Jendela di Rumah

Casement Windows adalah salah satu tipe jendela yang umum digunakan di Indonesia. Jendela ini biasa disingkap keluar. Untuk tipe gorden yang cocok adalah gorden Draperies. Gorden Draperies biasanya terbagi menjadi dua, yaitu di sisi kanan dan kiri. Tapi ada juga yang hanya di satu sisi. Akan lebih sempurna jika kedua sisi gorden disingkap di bagian tengahnya sehingga jendela terbingkai dengan cantik. Kamu juga bisa pertimbangkan untuk menambah roller blind untuk mencegah masuknya serangga saat jendela dibuka.

4. Skylight Windows

Menentukan Gorden untuk Tipe Jendela di Rumah

Skylight Windows merupakan jendela yang ada di atap rumah. Dengan kata lain kamu bisa melihat langit langsung dari dalam rumahmu. Biasanya langit-langit rumah yang memiliki jendela Skylight sedikit lebih tinggi. Kamu juga bisa melihat indahnya langit malam dan bintang-bintang tanpa perlu keluar dari rumah. Jendela Skylight ada yang bisa dibuka dan ada juga yang sengaja dijadikan jendela mati dengan alasan keamanan. Untuk penutup jendela Skylight, ada baiknya menggunakan roller blind tipe Blackout Blinds. Dibanding dengan gorden, tirai roller lebih mampu menutup cahaya sinar matahari yang berlebihan hingga 100%.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *