Konstruksi

Meminimalisir Tingkat Kebocoran dan Rembesan Air Menggunakan Cat Waterproof

kebocoran dan Rembesan Air Menggunakan Cat Waterproof

Kebocoran karena adanya bagian atap sebuah bangunan yang rusak pastinya akan mengakibatkan air hujan menjadi merembes dan masuk ke dalam rumah. Hal ini tentunya sangatlah mengganggu mengingat atap adalah bagian terpenting dari sebuah bangunan karena berguna untuk melindungi bangunan dari panas dan hujan. Belum lagi rembesan air akan meninggalkan flek pada atap maupun dinding yang menjadi rambatan air tersebut sehingga membuat dinding ditumbuhi jamur atau lumut dan membuat keindahan rumah menjadi berkurang. Pastinya kesan kumuh akan melekat kepada setiap rumah yang temboknya banyak ditumbuhi lumut tersebut.

Untuk mengatasi segala macam kebocoran maupun rembesan air tersebut sangat dianjurkan menggunakan cat waterproof. Dimana cat ini bukanlah seperti cat tembok pada umumnya, melainkan sebuah lapisan cat yang mampu melapisi benda dan membuat benda tersebut menjadi kedap air. Lapisan dari waterproof ini bekerja menutup seluruh bagian permukaan benda sehingga tidak memungkinkan air dapat meremnbes dan masuk melalui celah-celahnya.

Cat Waterproof Mengatasi Kebocoran dan Rembesan Air

Cat Waterproof

Pengaplikasian cat waterproof ini sangat disarankan dilapiskan pada permukaan atap. Atap bangunan yang berbentuk cor atau dag dirasa sangat perlu dilapisi mengingat air masih dimungkinkan merembes melalui celah-celah beton tersebut. Untuk itu melapisi atap menggunakan cat waterproof menjadi wajib untuk dilakukan. Jangan menunggu bocor dulu baru diolesi cat tersebut, karena apabila pori-pori beton sudah kemasukan air maka cat waterproof tidak akan dapat bekerja maksimal, bisa dipastikan juga cat tersebut tidak akan dapat bertahan lama dan akan mengelupas. Masalah kebocoran pada atap tersebut tentunya berbeda dengan lantai. Untuk mengatasi lantai yang merembes air juga diperlukan pelapisan juga akan tetapi bukan lagi menggunakan cat waterproof melainkan menggunakan floor hardener.

Lantai Floor Hardener adalah sebuah lantai yang dilapisi sebuah serbuk khusus dan ditaburkan pada permukaan lantai beton ketika beton tersebut masih dalam keadaan basah. Setelah serbuuk tersebut ditaburkan secara merata selanjutnya lantai beton tersebut akan diratakan kembali menggunakan sebuah alat yang bernama mesin trowel.

Cara kerja mesin trowel ini yaitu meratakan serbuk khusus tersebut ke seluruh permukaan lantai secara merata. Hal ini bertujuan agar lantai menjadi lebih rata, kuat, serta keras sehingga tidaka akan lagi merembes air atau masalah lainnya.  Lantai ini biasa diterapkan pada gedung, tempat parkiran, garasi, pabrik, dan masih banyak lagi. Intinya setiap bangunan yang membutuhkan permukaan lantai yang kuat serta rata.

Walaupun sejatinya teknik ini dikhususkan hanya untuk bangunan yang membutuhkan lantai yang ekstra kuat dan rata bukan berarti teknik floor hardener ini tidak dapat diterapkan di perumahan biasa. Bahkan saat ini sudah banyak rumah-rumah biasa yang menggunakan obat tabur khusus tersebut pad lantai rumah yang terbuat dari beton.

Perlu juga diingat lantai  ini dapat menjadi keras maksimal apabila serbuk tersebut ditaburkan ketika masih dalam keadaan basah beton lantainya, bisa juga ditaburkan sesaat setelah proses pembetonan lantai selesai dan tidak menunggunya hingga kering.

Jika lantai terlanjur kering sebelum serbuk ditaburkan maka dapat dipastikan teknik floor hardener tersebut tidak akan dapat dilakukan. Walaupun dipakskan tetap saja tidak akan bisa. Hal ini dikarenakan serbuk tersebut bekerja ketika mesin trowel mengelilingi lantai untuk meratakan serta membuat lantai beton menjadi semakin padat. Untuk itulah ketika betin sudah mengering serbuk maupun mesin trowel todak akan bekerja lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *