Dekorasi

Pakai Pintu Aluminium untuk Kamar Mandi? Masalah Ini Akan Kerap Ditemui!

Masalah Pakai Pintu Aluminium untuk Kamar Mandi

Pintu aluminium kamar mandi menjadi primadona bagi sebagian orang karena bahannya yang awet dan perawatannya yang mudah. Tapi, meskipun demikian, bukan berarti pintu aluminium untuk kamar mandi bebas dari masalah. Seperti pintu pada umumnya, pintu untuk kamar mandi yang berbahan alumnium juga dapat mengalami masalah yang membuat pemilik rumah seringkali merasa jengkel. Nah, bila kamu berniat memasang pintu aluminium untuk kamar mandi, pertimbangkan beberapa potensi masalah yang akan kerap terjadi. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

5 Masalah yang Banyak Terjadi Pada Pintu Aluminium di Kamar Mandi

Masalah Pakai Pintu Aluminium untuk Kamar Mandi

Pada dasarnya, fungsi pintu aluminium kamar mandi sama dengan pintu lainnya, yaitu sebagai penutup ruangan. Masalah yang terjadi pada pintu ini juga hampir sama dengan pintu pada umumnya. Hanya saja, karena pintu ini dipasang di kamar mandi, ada masalah-masalah tertentu yang kerap terjadi sehingga mengganggu fungsinya berjalan dengan baik. Inilah 5 masalah pintu aluminium di kamar mandi yang kerap ditemukan.

1. Kerusakan Engsel

Namanya juga kamar mandi pasti banyak orang yang memakainya. Pintu jadi sering dibuka dan ditutup, bahkan kadang-kadang dengan cara yang terlalu keras. Hal ini menyebabkan engsel pintu menjadi rusak. Bila engselnya rusak, pintu kamar mandi tidak akan berfungsi dengan normal. Pintu akan sulit untuk dibuka atau ditutup sebab tumpuan engselnya mengalami kerusakan. Jadi, jangan kegat ya kalau kamu akan mendapati pintu aluminium di kamar mandi mengalami kerusakan engsel.

2. Gagang Pintu Rusak

Selain engsel, bagian pintu lainnya yang sering rusak adalah gagangnya. Gagang adalah pegangan pada pintu yang digunakan untuk membuka atau menutup pintu. Kerusakan gagang seringkali disebabkan oleh penggunaannya yang terlalu keras, baik saat membuka maupun menutup pintu. Jika hal ini terjadi, bisa saja kamu akan kesulitan menggunakan pintu kamar mandi. Kalaupun pintu masih bisa berfungsi, kamu perlu mendorong atau menarik bodi pintu agar bisa masuk ke dalam kamar mandi.

3. Selot Kunci Tidak Berfungsi

Semua pintu pasti memiliki selot untuk mengaitkan kunci. Nah, yang seringkali ditemukan pada pintu kamar mandi adalah selot kunci tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Misalnya, selot kunci tidak gerak saat dikunci atau lubang pengunci tidak presisi, sehingga pintu tidak dapat mengunci dengan baik. Pasti kamu bisa bayangkan bagaimana jadinya bila pintu kamar mandi mengalami kerusakan pada selot kunci. Sangat berisiko, bukan?

4. Pintu Mengalami Penyok

Bila pintu kayu berisiko mengalami rapuh dan lumutan, pintu aluminium justru bebas dari ancaman itu. Tapi, masalah lain yang bisa muncul adalah pintu mengalami penyok. Hal itu bisa saja terjadi bila pintu berbenturan dengan benda keras atau tidak sengaja terpukul. Meskipun terbuat dari logam, kamu harus ingat bahwa aluminium bukanlah logam berat yang mempunyai daya tahan terhadap pukulan benda tumpul. Jadi, sebelum kamu membeli pintu alumnium untuk kamar mandi, pastikan kamu mempertimbangkan risiko masalah ini.

5. Bagian Bawahnya Ngepres Lantai

Banyak ditemukan pintu kamar mandi memiliki bagian bawah yang terlalu ngepres dengan lantai. Akibatnya, lantai menjadi tergores dan pintu tidak dapat bergerak dengan leluasa. Apalagi jika yang digunakan adalah pintu aluminium. Masalah ini disebabkan oleh kesalahan kalkulasi saat pemasangan pintu aluminium pada kamar mandi. Inilah pentingnya pengukuran yang presisi saat pemasangan agar fungsi pintu tidak terganggu.

Itulah beberapa masalah yang kerap terjadi pada pintu aluminium di kamar mandi. Sekarang kamu bisa mempertimbangkan potensi masalah tersebut sebelum memutuskan untuk membeli pintu aluminium. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *