Konstruksi

Kelebihan dan Kekurangan Epoxy Lantai untuk Garasi Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Epoxy Lantai

Kunci lantai garasi di rumah bisa awet adalah pemilihan jenis lantai. Bukan hanya menggunakan keramik tetapi sebaiknya manfaatkan epoxy lantai. Lantai garasi bisa dibilang memiliki trafik yang cukup tinggi belum lagi beban berat benda yang bergesekkan. Mobil atau kendaraan bermotor lainnya adalah penyebab utama lantai garasi cepat rusak.

Lantai epoxy bisa menjadi solusi yang tepat bagi anda untuk mendapatkan garasi rumah yang kokoh, kuat dan tahan lama. Tidak sedikit penggunaan lantai epoxy pada sebuah hunian, bahkan rumah sakit, gedung perkantoran, hingga ruang olahraga memanfaatkannya. Tapi sebelum memilih lantai ini, sebaiknya cermati dulu apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Kelebihan dan Kekurangan Epoxy Lantai pada Garasi

Kelebihan dan Kekurangan Epoxy Lantai

Apa itu lantai epoxy? Epoxy sendiri merupakan bahan finishing untuk lantai yang sangat kuat. Terbuat dari bahan resin dan juga hardener sehingga mampu menciptakan lantai keras yang sangat kuat. Cocok sekali dimanfaatkan untuk lantai yang lalu lintasnya padat. Di lingkungan industri seperti pabrik dan gudang selalu memilih lantai epoxy dibandingkan yang lainnya.

Untuk bisa memiliki lantai garasi dengan epoxy, dibutuhkan jasa epoxy lantai yang berpengalaman supaya hasilnya maksimal. Hindari untuk melapisi lantai dengan epoxy sendiri karena butuh peralatan dan keahlian khusus untuk melakukannya. Karena Anda tidak menerapkannya sendiri, sebaiknya kenali dulu kelebihan dan kekurangannya berikut.

Kelebihan Lantai Epoxy

Hasil dari lantai yang sudah dilapisi dengan epoxy adalah halus serta mengkilap. Mulusnya permukaan ini akan menghambat penetrasi kelembaban apalagi genangan air serta kotoran. Tak hanya itu saja, ada beberapa kelebihan lain yang akan diberikan pada lantai seperti berikut ini.

1. Kuat menahan bahan kimia

Tak hanya air saja, namun bahan kimia yang cair bisa saja tumpah di atas lantai garasi seperti oli atau thinner. Lantai epoxy kuat terhadap berbagai macam jenis bahan kimia dan tidak merusak atau menimbulkan bahaya yang lainnya. Tak heran jika lantai jenis ini banyak diterapkan pada rumah sakit atau pabrik.

2. Banyak pilihan tampilan

Tampilan mengkilap sudah pasti, tapi tak hanya itu saja karena lantai epoxy memiliki banyak pilihan tampilan yang menarik. Lantai bisa diberikan pewarna sebagai campuran sehingga lantai bisa tampak lebih cerah. Bisa juga lantai dibuat seperti lukisan dengan berbagai macam campuran warna. Jadi tampilan lantai akan lebih unik.

3. Kuat dan tahan lama

Kelebihan yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Lapisan epoxy akan membentuk permukaan lantai yang kuat terhadap benturan berbagai macam benda keras. Sehingga tidak akan merubah bentuk lantai yang membuatnya lebih tahan lama. Anda tak perlu ragu untuk meletakkan benda berat di atasnya.

4. Harga terjangkau kualitas optimal

Menilik dari kualitasnya, jika Anda menggunakan jasa epoxy lantai yang berpengalaman maka sudah pasti lantai bisa bertahan sangat lama. Ditambah lagi harganya cukup terjangkau untuk sebuah hunian. Anda tak akan menguras dompet untuk melapisi lantai dengan epoxy.

Kekurangan Lantai Epoxy

Tak hanya kelebihan saja yang dilihat, Anda juga harus mengetahui apa saja kekurangan dari lantai ini. Supaya mengenal lantai epoxy lebih lanjut, berikut ini beberapa kekurangannya.

1. Sifatnya permanen

Sekali dilapisi dengan epoxy, lantai sudah tak dapat dibongkar kembali karena sifat lapisannya permanen. Jadi sebelum menggunakannya perlu pertimbangan yang benar-benar matang.

2. Mudah licin

Jika sering digunakan atau tergenang air lantai akan mudah licin bahkan lebih kecil dibandingkan marmer atau keramik. Untuk menghindari efek ini sebaiknya diperhatikan kebersihannya. Selalu bersihkan semua kotoran dan genangan air sesegera mungkin.

Dari kelebihan dan kekurangan epoxy lantai ini Anda bisa menilai manakah jenis lantai terbaik untuk garasi di rumah. Selalu pilih jenis lantai yang bisa bertahan lebih lama dan juga sesuai kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *