Konstruksi

Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam untuk Bangunan

Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam

Rumah idaman dengan desain dan interior indah tentu menjadi impian semua orang. Tentu saja, keindahan itu tidak didapatkan dengan mudah, butuh material pembangun yang kuat, arsitek berpengalaman, serta uang untuk membeli berbagai macam furniture agar rumah tidak tampak kosong. Salah satu material yang bisa digunakan adalah batu alam. Berbicara tentang batu alam, ada banyak jenis batu yang bisa menjadi bahan baku untuk bangunan -terutama bangunan rumah, mulai dari batu cupang merah, batu candi, serta bintik bakar. Setiap batu tersebut punya harga yang berbeda. Pun, ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, simak dalam ulasan berikut ini ya!

Kelebihan Batu Alam

1. Menimbulkan Kesan yang Elegan dan Natural

Pertama, banyak orang memilih batu alam karena kesan mewah, elegan, serta natural yang dimiliki oleh batu. Batu alam banyak digunakan sebagai dinding rumah. Dibandingkan dengan dinding yang memakai batu bata atau batako biasa, jelas batu alam lebih tampak mempesona.

2. Ukuran Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan

Batu alam memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, ia terbentuk secara alami saat diambil oleh produsen. Hal ini masuk dalam kelebihan menggunakannya sebagai penghias dinding. Penggunaan batu alam ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri.

3. Terbebas dari Lumut dan Jamur

Lumut dan jamur merupakan salah satu masalah yang bisa mengganggu keindahan rumah. Masalah ini sudah berlangsung sejak lama. Berbeda dengan marmer dan keramik, menggunakan batu alam sebagai material bangunan mendatangkan keuntungan tersendiri, salah satunya adalah mudah saat dibersihkan.

4. Tampilan Rumah yang Berwarna

Yap, karena ada banyak jenis batu alam yang bisa dipakai, maka tak ada salahnya menggunakan batu yang berwarna. Tampilan rumah dengan batu alam tersebut jelas akan lebih berwarna dan menjadi penenang tersendiri untuk pemiliknya.

5. Menambah Mahal Nilai Sebuah Rumah

Harga batu alam beragam, tergantung dengan jenis dan ukurannya. Namun, batu apapun yang kamu pakai, ia bisa meningkatkan nilai jual sebuah rumah. Lagi-lagi karena kesan mewah yang diberikan oleh batu-batu tersebut.

Kekurangan Batu Alam

Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam

1. Material Berat, Pemasangan Akan Cukup Repot

Sama halnya dengan batu kebanyakan, batu alam juga cukup berat apalagi untuk dijadikan sebagai hiasan dinding. Untuk pemasangan batu pada rumah tingkat juga memakan waktu. Karena, harus memastikan struktur bangunan kuat, hingga tidak retak dan roboh saat batu mulai dipasang.

2. Warna yang Tak Seragam

Meski satu jenis, warna batu alam tidak sama persis. Hal ini membuat pemilik rumah harus punya keterampilan sendiri dalam hal pemasangannya. Namun, tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah banyak sekali jasa tukang yang sudah professional dalam hal mengatur keindahan interior rumahmu.

3. Harga Batu Alam yang Mahal

Lain halnya dengan ubin (keramik) yang bisa dibanderol dengan harga murah, harga baru alam cukup mahal, dilihat dari ukuran dan di mana batu tersebut bisa didapatkan. Saat ingin menggunakan batu alam ini sebagai material bangunan rumahmu, maka lebih baik mengumpulkan budget terlebih dahulu.

4. Memerlukan Bahan Khusus dan Sulit Diperbaiki

Kelemahan batu alam ini adalah pori-porinya yang cukup besar, sehingga dibutuhkan  bahan perekat khusus untuk pelapis agar ia tak dihinggapi oleh lumut. Nah, batu-batu ini sulit diperbaiki kalau sudah rusak atau kotor (karena coretan misalnya). Butuh plastik atau cat khusus agar ia kembali menarik seperti semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *