Dekorasi

Inilah Cara Memilih Epoxy Lantai Agar Tidak Salah

Cara Memilih Epoxy Lantai

Memiliki rumah yang selalu terlihat bersih tentu menjadi hal yang sangat penting. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat lantai selalu bersih adalah menggunakan epoxy lantai. Namun, sebagai konsumen yang cerdas kamu harus pintar dalam memilih epoxy yang sesuai. Untuk itu, dalam artikel ini akan diberikan beberapa tips singkat mengenai cara memilih epoxy untuk lantai agar tidak salah.

Cara Memilih Epoxy Lantai yang Tepat

Cara Memilih Epoxy Lantai yang Tepat

Untuk membuat lantai terlihat lebih bersih, banyak sekali orang yang memilih menggunakan lapisan epoxy pada lantai. Salah satu kelebihan yang ditawarkan adalah lantai tersebut akan terlihat lebih rata dan halus. Dengan begitu, tidak akan ada lagi cekungan maupun garis seperti pembatas yang biasanya ditemukan pada lantai berbahan keramik maupun granit.

Penggunaan epoxy pada lantai nantinya akan berperan sebagai media untuk menguatkan stuktur pada lantai. Dengan begitu, lantai akan jauh lebih tahan terhadap segala bentuk goresan ataupun tekanan yang bersumber dari benda besar dan berat.Tentunya kekuatan tersebut bergantung kepada material yang digunakan. Material utama pada epoxy adalan resin epoxy dan hardener. Selain itu, ditambahkan juga material lain seperti cat primer epoxy dan plamir agar lantai menjadi lebih rata. Untuk itu, diperlukan waktu yang relatif lama dalam proses pembuatannya.

Sebelum kamu mulai mengaplikasikannya, sebaiknya kamu mencari tahu dulu informasi mengenai epoxy yang akan kamu beli. Cara untuk memilih bahan material epoxy antara lain:

Lihatlah terlebih dahulu ciri material epoxy

Bahan material epoxy pada lantai memiliki daya tutup yang bagus sehingga tidak ada celah maupun pori-pori lantai yang terbuka. Sehingga membuat lantai lebih halus dan tidak ada retakan. Material epoxy lantai yang berkualitas mampu memberikan perlindungan terhadap perubahan cuaca, paparan bahan kimia, bahkan gesekan dari benda berat. Selain itu material epoxy pada lantai yang berkualitas memiliki kualitas warna yang dapat bertahan lama, tidak mudah pudar dan dapat diaplikasikan dengan mudah sehingga menghemat biaya pengerjaan. Epoxy pada lantai yang memiliki kualitas bagus selalu konsisten dengan produknya serta seiring dengan perkembangan teknologi terus melakukan inovasi sesuai dengan kebutuhan konsumen, lolos pengujian berstandar nasional maupun internasional.

Gunakan warna material yang memiliki kualitas baik

Menggunakan epoxy pada lantai tentu harus memperhatikan warna material yang digunakan. Kamu harus bisa membuat lapisan lantai lebih kuat karena lantai harus siap menerima tekanan yang berat. Selain itu, perhatikan juga material penghasil warna agar nantinya lantai milikmu bisa memiliki warna yang sesuai dengan konsep dari ruangan.

Produk material epoxy

Memilih produk yang sesuai memang gampang-gampang susah. Hal tersebut karena sebaikan besar produk yang ada memiliki kekuatan dan kelebihan yang hampir mirip. Namun, alangkah lebih baik jika kamu mencoba merk yang sudah terpercaya. Selain itu, kamu bisa menanyakan kepada ahli bangunan mengenai produk yang paling baik.

Gunakan produk yang sehat

Produk epoxy seringkali mengandung material berbahaya bagi tubuh. Terlebih jika pemasangannya tidak benar, dapat mengakibatkan material tersebut bersentuhan dengan tubuh manusia. Untuk itu, carilah produk yang memiliki VOC (Volatile Organic Compound) rendah. Salah satu ciri yang muncul adalah tidak ada bau menyengat setelah proses aplikasi epoxy selesai dilakukan.

Demikianlah artikel singkat mengenai cara memilih epoxy lantai agar tidak salah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih bahan yang tepat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *