Konstruksi

Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Genteng Keramik

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Keramik

Genteng merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari hunian tempat tinggal. Pasalnya, genteng berfungsi untuk melindungi penghuni rumah dari teriknya sinar matahari dan juga terpaan air hujan. Bahkan, penggunaannya juga turut berperan dalam memengaruhi suhu ruangan di suatu bangunan.Saat ini genteng terbagi ke dalam beberapa jenis yang didasarkan pada bahan pembuatannya. Adapun beberapa jenis genteng yang banyak digunakan masyarakat, diantaranya adalah genteng tanah liat, beton, dan juga keramik.

Pemilihan penggunaan jenis genteng kerap kali dipengaruhi oleh tingkat ketahanannya. Namun, pada rumah dengan desain modern pemilihan jenis genteng juga didasarkan pada keindahan tampilannya. Hal ini dimaksudkan untuk menjadikan rumah tersebut terlihat lebih menarik. Sebagai contoh, genteng keramik dipandang cocok untuk dipadukan dengan rumah modern dengan gaya klasik ataupun mediterania karena mampu memberikan kesan yang mewah dan elegan. Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai genteng berbahan keramik, berikut akan kami sampaikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangannya

Kelebihan Genteng Keramik

Genteng Keramik

1. Memiliki daya tahan tinggi

Meskipun harga genteng keramik cukup mahal, namun masih banyak orang yang tetap menggunakannya. Salah satu penyebabnya adalah daya tahan jenis genteng ini yang dipandang sangat baik. Kualitas genteng berbahan keramik masih tetap terjaga walaupun telah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, genteng ini memiliki ketahanan terhadap perubahan cuaca yang cukup tinggi. Hal ini memungkinkan anda untuk menggunakan genteng jenis ini dalam waktu yang lama.

2. Warnanya tahan lama

Warna yang terdapat pada genteng berbahan keramik dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dipengaruhi oleh proses pembuatannya yang melalui proses pembakaran dengan suhu sekitar 1000 derajat celcius. Penggunaan genteng ini tentu saja akan membuat tampilan rumah terlihat lebih indah dalam waktu yang lama. Menariknya, genteng berbahan keramik ini juga tersedia dalam berbagai varian warna.

3. Perawatannya mudah

Genteng keramik tidak membutuhkan perawatan khusus. Jadi, jenis genteng ini juga cocok untuk digunakan bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan termasuk membersihkan atap secara rutin. Meskipun tidak dilakukan perawatan secara rutin, kualitas dan tampilan genteng berbahan keramik ini juga tetap dapat terjaga dengan baik.

Kekurangan Genteng Keramik

1. Pemasangan yang rumit

Proses pemasangan genteng berbahan keramik dapat memakan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan diperlukan ketelitian yang tinggi pada saat memasangnya, terutama dengan tingkat kerapatan antar genteng. Pasalnya, jika pemasangannya tidak dilakukan dengan baik dapat meningkatkan potensi terjadinya kebocoran pada saat hujan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika pemasangannya dilakukan oleh orang yang benar-benar mengerti mengenai hal tersebut.

2. Membutuhkan biaya yang banyak

Harga genteng keramik dapat dikatakan cukup mahal. Namun, jika ingin mendapatkan jenis genteng ini dengan harga yang bervariasi, anda dapat mengecek produk tersebut di berbagai toko online. Tindakan ini memungkinkan anda untuk dapat genteng berbahan keramik dengan harga yang lebih terjangkau.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk membuat kerangka atap genteng berbahan keramik cukup mahal. Jadi, jika ingin menggunakan jenis genteng ini pada atap rumah, anda harus memiliki budget yang cukup besar. Hal inilah yang menyebabkan sebagian orang mempertimbangkan kembali untuk menggunakan genteng berbahan keramik.

3. Memiliki bobot yang berat

Genteng berbahan keramik memiliki bobot yang cukup berat. Hal ini tentunya juga dapat menghambat pemindahan genteng pada saat proses pemasangan. Beratnya beban jenis genteng yang satu ini juga menjadikan anda harus menyiapkan kerangka atap yang kuat agar dapat menopang beban tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *