Dekorasi

Berbagai Manfaat Movable Partition Untuk Membuat Ruang Serbaguna Lebih Efektif

Berbagai Manfaat Movable Partition

Dalam prinsip konstruksi modern yang minimalis dan fungsional, efektifas sebuah bangunan atau ruangan tidak dinilai berdasarkan besar dan luasnya. Akan tetapi penilaian utama yang paling sering diprioritaskan adalah seberapa efektif ruangan atau interior tersebut untuk mengakomodasi berbagai keperluan. Prioritas ini kemudian memunculkan adanya ide tentang ruang serbaguna yang multifungsi, dan kompartmen pendukung yang paling tepat untuk prinsip ini kemudian adalah movable partition atau partisi geser.

Dengan menggunakan partisi bongkar pasang, sebuah ruangan serbaguna dapat difungsikan lebih optimal dan efektif lagi. Berbagai keperluan penggunaan ruangan yang sifatnya temporer dapat memanfaatkan perubahan dekorasi yang juga dapat dilakukan dengan cepat dan hemat. Selain itu proses reposisi partisi bongkar pasang juga tidak membutuhkan waktu yang lama, jadi secara garis besar, penggunaan partisi non permanen atau movable pada sebuah ruang serbaguna benar-benar mampu memaksimalkan fungsinya.

Partisi non permanen pada umumnya memang sudah cukup dikenal luas pada konstruksi bangunan modern. Untuk gedung-gedung perkantoran, sarana publik dan sarana office olahraga, konstruksi ini sangat umum diaplikasikan. Namun pada masyarakat yang lebih luas lagi, partisi non permanen dapat dibilang masih kurang populer. Hal ini disebabkan pula oleh kurangnya pengetahuan manfaat dari partisi geser dalam masyarakat itu sendiri.

Lantas selain sebagai penyekat ruangan yang sudah umum diketahui, apa saja sih manfaat lain dari partisi non permanen atau removable partition ini? Berikut uraian lengkapnya untuk anda

Untuk Ruang Serbaguna Lebih Efektif,

Berikut Adalah Manfaat Lain Penggunaan Movable Partition

Seperti namanya, ruang serbaguna difungsikan untuk berbagai macam keperluan. Keperluan ini dapat saja untuk sebuah fungsi yang sifatnya rutinitas semacam ruang perkantoran, meeting atau rapat, atau bahkan untuk sesuatu yang sifatnya ceremonial semacam anniversary, rest room, coffee stage dan lain sebagainya.

Nah guna memaksimalkan fungsi-fungsi tersebut, lantas apa saja sih kegunaan dari partisi non permanen dalam aplikasinya di ruang serbaguna? Berikut adalah beberapa di antaranya;

Memaksimalkan Fungsi Ruangan

Katakanlah pada suatu ketika terdapat dua acara dalam satu ruangan yang mengharuskan adanya separasi di antara keduanya. Jika tidak dibatasi dengan sesuatu yan baik dan elegan, pembatas atau penyekatnya dapat saja tidak bekerja dengan optimal. Misalkan dua acara bersamaan itu hanya dibatasi oleh selembar kain, atau seutas tali dan lain sebagainya. Jelas itu sangat tidak optimal dan sangat tidak elegan, baik dari sisi fungsinya mau dari sisi dekorasinya.

Berbagai Manfaat Movable Partition

Namun jika separasi ini kemudian menggunakan partisi movable yang rapi, kokoh, elegan dan teratur, maka tentu tidak akan ada masalah. Baik ada dua atau lebih acara dalam satu ruang serbaguna secara bersamaan, selama dibatasi oleh partisi movable maka tidak akan ada problem yang akan terjadi.

Mampu Meredam Suara

Kembali ke penggunaan ruang serbaguna yang bisa saja dilakukan bersamaan. Bayangkan jika satu bagian melangsungkan acara meeting yang penting, sementara yang lain mengadakan acara aniversary yang meriah. Jika tidak dilengkapi dengan dinding partisi movable yang mampu meredam suara, maka dua acara yang jadwalnya berbarengan tersebut tentu sulit untuk dilaksanakan.

Mampu Membuat Setiap Ruangan Lebih Efektif

Adanya Movable Partition sebagai penyekat ruangan dalam gedung serbaguna tentu sangat membantu sekali efektifitas ruangan tersebut. Fungsi-fungsi ruangan dapat berjalan lebih maksimal tanpa harus khawatir terganggu dengan aktivitas di sekitarnya. Selain itu, penggunaan partisi ini juga lebih hemat dari sisi biaya, lebih singkat dari sisi waktu, dan tentu saja lebih menarik dari sisi interior dan dekorasinya sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *